Rabu, 10 Oktober 2012

Pengenalan Array 1 Dimensi di Java

Kali ini, saya akan membahas tentang array satu dimensi pada java, misal kita ingin membuat himpunan nama kelompok, kita bisa menggunakan fasilitas array ini. Langsung saja...berikut source codenya…


Maksud dari baris ke-14 adalah, kita mendeklarasikan array dengan variabel namaKelompok dan bertipe-data String dan mempunyai panjang 6, nilai panjang ini tergantung isi array tersebut.
Untuk pengaksesan array kita menggunakan indeks array, jika panjang array bernilai 6, maka indeks array mulai dari 0-5, lalu kita bisa menggunakan looping untuk pengaksesan indeks array ini, tapi pada sharing kali ini gue... makek yang looping for, struktur looping for dimulai pada baris ke-18 sampai 20, sekarang saya akan menjelaskan alur pengaksesan array satu dimensi menggunakan looping for.

Alur pertama :
Deklarasi variabel i dengan tipe data int dan mempunyai nilai 0, 


Alur kedua :
lalu mengecek kondisi terlebih dahulu, apakah i < namaKelompok.length, maksud dari namaKelompok.length adalah mengambil nilai panjang array namaKelompok, karena panjang array bernilai 6 maka namaKelompok bernilai 6, Jadi kondisinya adalah apakah 0 < 6 maka jawabannya benar(true).  
Alur ketiga : 
Lalu, jika kondisi bernilai true maka akan mengeksekusi perintah yang ada didalam struktur looping for, lihat baris ke-19 itu adalah perintah untuk mencetak array dan no urut, ++noUrut  digunakan untuk no urut dan akan di increment sampai nilai kondisi pada looping for salah,  sedangkan namaKelompok[i] digunakan untuk mengakses indeks array ke-i.



Alur keempat :
Jika selesai mengerjakan perintah yang didalam struktur looping, maka akan meng-increment nilai i, dan kembali ke proses kedua, ketiga, keempat, begitu seterusnya, sampai kondisi looping tersebut salah.

Berikut outputnya :



Tidak ada komentar: