Rabu, 03 April 2013

Instalasi Android di Eclipse IDE

Halooo...lama tak jumpa... :-D, langsung aja..pada sharing kali ini gw mau posting gimana sih caranya Install Android SDK pada Eclipse IDE, loh kenapa kok Eclipse bukan Netbeans aja? wkwkw...gw pilih Eclipse karena gw suka Eclipse untuk develop mobile device .

Langsung aja, langkah pertama download JRE sama JDK dulu di sini, jika sudah punya di install aja gampang kok :-), owh sudah di install....istimewa berarti anda seoarang java developer...wkwkwk XD

Langkah berikutnya adalah download Eclipse di link berikut : Download Eclipse, pilih yang   Eclipse Classic lalu tentukan Windows 32 Bit atau 64 Bit sesuaikan dengan windows anda ya :-), setelah itu anda bisa mendownload-nya....selamat menunggu :-D



setelah downloadnya selesai, silahkan ekstrak eclipse yang tadi anda download, eclipse ini sudah dapat anda gunakan tetapi anda harus mensetting workspace-nya dahulu, workspace apa lagi tuh, kok ribet banget? workspace itu untuk menyimpan project-project eclipse yang kita buat, gampang kok tinggal tentuin directory-nya doank.


Berikut adalah tampilan eclipse saat pertama kali di run :

Berikut adalah screenshot setting workspace :

Jika sudah selesai setting workspace ini dia tampilan Eclipse IDE-nya

tapi ini masih belum bisa untuk membuat aplikasi android, hehehe....untuk bisa membuat aplikasi androidnya, kita masih butuh Android SDK dan ADT Plugin. :-)

Langkah selanjutnya adalah mendownload lagi Android SDK dan ADT-nya di link berikut ini : Download

Lalu silahkan install dahulu Android SDK-nya gampang kok, tinggal next next next saja..hehe, jika sudah berhasil di install ini tampilan dari Android SDK-nya. 



Silahkan install salah satu tipe android agar nanti waktu pembuatan project android bisa memilih batas minimum untuk aplikasinya.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan ADT Plugin ke Eclipse, caranya klik Menu Help lalu Pilih Install New Software... setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut.

selanjutnya copy link berikut https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ dan masukkan link tersebut di kolom Work With lalu klik add, Berikut screenshotnya :


setelah itu akan muncul form Add Repository dan isikan ADT Plugin pada kolom Name, lalu klik OK, maka eclipse akan mengecek ke alamat ADT Plugin tersebut, tunggu sebentar maka akan muncul beberapa opsi tool, pilih yang Developer Tools silahkan centang semua pada Developer Tools tersebut lalu klik next, tunggu sebentar eclipse akan mengecek system requirement and dependencies, jika sudah selesai akan muncul tampilan berikut :

Klik next, lalu pilih opsi yang I Accept,  berikut tampilannya.


lalu klik Finish, 

Tunggu sampai instalasi selesai, horee...akhirnya anda sukses menginstall Android pada Eclipse IDE, sampai jumpa di sharing berikutnya...terimakasih ^^

Tidak ada komentar: