Kamis, 06 September 2012

Operator Matematika di Java



 Sebenarnya banyak sih operator yang ada di java, pie dalam kesempatan nie gw mw sharing tentang operator untuk melakukan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian doank.
Caranya mudah banget misalkan kita mau ngejumlahin angka pertama dan angka kedua dengan nilai angka pertama ‘2’ dan nilai angka kedua ‘4’. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendeklarasikan kedua angka itu dengan tipe int atau tipe data yang khusus untuk angka, misalkan mau ngejumlahin bilangan yang ada komanya kita bisa menggunakan double, tapi dalam tutorial ini gw gk ngebahas tipe data double.

Langkah 1 :
 

Source code diatas digunakan untuk menampung angka 4 ke variabel angka1 dan menampung angka 2 ke variabel angka2 dan kedua variabel ini mempunyai tipe data int(Integer). Selanjutnya langsung ke langkah berikutnya :

Langkah 2 : 


Lha, source code diatas mempunyai empat variabel dan keempat variabel ini digunakan untuk menampung hasil operasi matematika dasar dengan fungsi yang berbeda-beda, misal si-variabel tambah digunakan untuk penambahan nilai angka1 dan angka2 dan si-variabel kurang digunakan untuk pengurangan nilai angka1 dan angka2. Pada langkah ke dua nie keempat variabel sudah mempunyai nilai, tapi masih belum bisa dikeluarkan Output, cara untuk menampilkan Output sebagai berikut :
Langkah 3 : 

Terus kita run dan hasilnya sebagai berikut :
  
 
Bagaimana udah ngerti belum, lw masih belum coba dibaca lagi perlahan-lahan…hehehe, yah mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat buat para pembaca tentunya yang masih newbie.hehe

Tidak ada komentar: